Diklat Ke-PUan Perwakilan Provinsi Sulteng

Palu – Hukum Humas

diklat-ke-puan-11Sub Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah BPK RI selama lima hari, Senin-Jumat (5-9/10), menyelenggarakan Diklat Ke-PUan. Kepala Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah, Dadang Gunawan, di Aula Perwakilan, Senin (5/10) secara resmi membuka diklat yang diikuti oleh pemeriksa di lingkungan Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya Dadang mengatakan, tujuan diselenggarakannya diklat Ke-PUan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta memberikan pemahaman tentang pemeriksaan Ke-PUan dan belanja daerah pada umumnya serta pemeriksaan atas pembangunan jalan dan jembatan pada khususnya bagi para pemeriksa di lingkungan Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah BPK RI.

Hadir sebagai pemateri dalam diklat tersebut antara lain Kepala Sub Bidang Infrastruktur Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Sulawesi Tengah, Charly Lembah, S. P., M. T., Sekretaris Dinas PU Provinsi Sulawesi Tengah, Iskandar Ngongtji, Kepala Bidang Tata Ruang dan Bina Konstrusksi Dinas PU Provinsi Sulawesi Tengah, Ardin T. Taiyeb, Dipl. Cart., S. E., S.T., dan dari intern Perwakilan BPK, Kepala Sub Auditorat Sulteng II, Muh. Yasir, S. E., M.M., Ak.

Menurut salah satu pemateri, Charly, menurunnya kondisi jalan nasional, provinsi dan kabupaten beberapa tahun terakhir sebagai akibat menurunnya pembiayaan dari tahun ke tahun merupakan permasalahan utama yang dihadapi Bappeda dalam perencanaan pembangunan infrastruktur di Sulawesi Tengah.

Charly menjelaskan, Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah saat ini telah melakukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mempertahankan kinerja pelayanan prasarana jalan yang telah terbangun dengan mengoptimalkan pemanfaatan prasarana jalan melalui penerapan hasil penelitian dan pengembangan teknlogi jalan.

Sementara itu pemateri dari dinas PU, Iskandar, menyampaikan materi mengenai manajemen proyek. Iskandar menjelaskan, prinsip umum manajemen penyelenggaraan proyek tergantung pada dua faktor yaitu faktor sumber daya meliputi manusia, pendanaan, material, dan peralatan serta faktor fungsi-fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actuating dan controlling yang dimaksudkan sebagai kegiatan untuk mengarahkan orang yang tergabung dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. (kur) diklat-ke-puan-32diklat-ke-puan-21